Awas! Makanan Ini Berbahaya Jika Dimakan Saat Mentah

Anda mungkin sudah tahu bahwa memang makanan yang masih mentah tak boleh dikonsumsi karena masih mengandung berbagai racun atau bahkan kandungan lain yang sulit dicerna dan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan dan penyakit lainnya. Beberapa makanan bahkan mengandung bakteri berbahaya jika masih mentah.

Berikut ini daftar makanan yang tak seharusnya dikonsumsi mentah karena berbahaya untuk tubuh.

  • Kentang
    Kentang tak boleh dimakan mentah karena pati mentah di dalamnya bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan gas berlebihan.
  • Kecambah
    Beberapa orang sering sekali mengonsumsi kecambah dalam keadaan mentah yang mana sebetulnya berbahaya. Kecambah mentah mengandung banyak sekali bakteri berbahaya seperti salmonella, E.coli, dan spesies listeria. Sebelum memakan kecambah ada baiknya mencuci bersih dan memasaknya terlebih dahulu.
  • Kacang Merah
    Kacang merah tak boleh dimakan mentah karena bisa menyebabkan mual, muntah dan diare. Kacang merah mentah mengandung protein racun yang akan hancur jika terkena suhu panas atau melalui proses masak.
  • Susu
    Susu mentah yang tidak dipasteurisasi mengandung bakteri penyebab penyakit seperti E coli dan listeria.
  • Umbi-umbian
    Umbi-umbian seperti talas dan singkong tak boleh dimakan mentah karena kulitnya mengandung getah kalsium oksalat yang akan membuat kulit mati rasa, gatal dan iritasi. Makanan ini bahkan bisa mengganggu ginjal. Singkong yang mentah mengandung hidrogen sianida yang berpotensi menyebabkan tak sadarkan diri karena mengganggu sirkulasi oksigen dalam tubuh.
  • Jamur
    Jangan pernah memakan jamur mentah karena mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut hingga mengganggu sistem pencernaan.
  • Daging
    Daging apapun sebaiknya memang jangan dimakan mentah karena mengandung bakteri yang menyebabkan penyakit. Kita tak pernah tahu bakteri dan potensi penyakit apa saja yang dibawa hewan dalam tubuh mereka. Karena itu sebaiknya daging dimasak sampai matang.

Semoga bemanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *