Browse Month: October 2017

Kongsikan!!! Umur 30 Tapi Macam 19 tahun, Wanita Ini Amalkan Susu Kunyit Badam Madu Supaya Wajah Naik Seri & ‘Pinkish

Wanita dulu kala tak punya alat kosmetik sehebat sekarang. Jadi untuk cantik cara mereka hanya gunakan petua dari alam semula jadi.

Namun tak ramai wanita kini yang sanggup mengamalkan petua ini kerana berasa leceh bila perlu dibuat sendiri.

Tapi bila lihat perkongsian Afieyza Aleeschaylee rasanya ramai yang akan berubah fikiran.

Mengamalkan susu kunyit badam madu wajahnya tampil berseri dengan kesan ‘pinkish’ yang diidamkan kaum hawa. Petua yang diamalkan itu menurutnya adalah amalan orang tua dulu kala bagi menaikkan seri wajah.

Katanya untuk wajah berseri dari luar, dalamanlah yang perlu dijaga dan dirawat. Salah satu caranya dengan mengamalkan petua ini.

Jom ikuti perkongsian daripada Afieyzea Aleeschaylee

Hai kesayangan semua. Okey afiey dah janjikan ni lah minuman kegemaran Afiey kat umah tau. Bukan je cantik luar tapi dalaman pun cantik, cerah berseri ” pinkish ” dari dalaman.

Petua nenek-nenek dulu naikkan seri wajah. Nah korang cubalah dan rajin-rajin tau, confirm bangun pagi nampak muka wowwww!!

Afiey suka minum sebelum tidur lagi-lagi waktu datang bulan. Selamat mencuba dan SHARE! Biar umur masuk 30 tahun janji tetap 19 tahun kan

Susu Kunyit Badam Madu

Bahan – bahan :
Susu rendah lemak
1 inci kunyit ditumbuk kasar
2 sudu madu
3 biji badam ditumbuk kasar

Cara membuat:
Panaskan susu masukkan kunyit hidup
Kacau perlahan kemudian kemudian masukkan badam.
Tuang susu dalam gelas, masukkan madu.
Kacau dan boleh terus diminum.

Amalan

Minum dua kali seminggu sebelum tidur. Boleh diamalkan waktu datang bulan.

Jika mahu dijadikan minuman harian, jangan letak kunyit.

PENGORBANAN SEORANG AYAH TANPA ADA KELUHAN. KONGSIKAN 9 PERKARA SEORANG AYAH TAK PERNAH BERITAHU KITA

Berikut adalah beberapa perkara yang tak pernah ayah beritahu kita, walaupun mereka dalam keadaan susah sekalipun.

  1. AYAH TAK CUKUP DUIT

Setiap bulan, mereka akan memikirkan keperluan rumah, keperluan dapur, anak-anak, isteri, dan akhir sekali barulah keperluan mereka. Kita mungkin tak tahu, dalam poket ayah cuma ada RM10 sewaktu kita telefon minta wang semasa di universiti.

Bila awal bulan, memang seronok dapat gaji. Tapi bila ditolak-tolak kesemuanya, semua harapan untuk membeli apa saja kemahuan mereka terpaksa ditunda lagi. Hinggalah mereka melupakan terus hasrat tersebut sampai ke hari ini.

  1. AYAH KECEWA BILA TAK DAPAT BELIKAN MAINAN YANG KITA MINTA

Ayah mahu gembirakan kita. Kalau boleh, satu kedai mainan mahu diberikan kepada kita. Tapi tentulah ada masanya dia perlu mendidik kita.

Ada masanya pula, kewangan tak mengizinkan. Ayah rasa bersalah sangat bila tak dapat bawa balik mainan yang diminta oleh kita adik-beradik. Kalau dapat duit lebih, benda itulah yang pertama sekali ayah nak beli. Bukan barang lain.

  1. AYAH MAHU DEKAT DENGAN KITA

Ayah mungkin nampak kekok apabila berbual dengan kita. Tapi sebenarnya mereka mahu hadir dalam hati kita. Kalau boleh, mereka mahu menghentikan masa supaya mereka dapat sentiasa ada dengan anak-anak dan melihat semua seperti apa yang dilihat oleh mata ibu – langkah pertama kita, perkataan pertama kita, dan berkongsi detik gembira dengan kita.

  1. AYAH DAH CUBA SEHABIS BAIK UNTUK KELUARGA

Kita mungkin tak perasan, ayah buat ‘overtime’ sebab mahu cukupkan belanja rumah atau beli barang yang kita asyik sebutkan. Walaupun mereka sibuk bekerja, percayalah dalam hati mereka kerja tersebut adalah diniatkan untuk mencukupkan keperluan keluarga, termasuklah kita.

Tapi sebagai manusia, ayah juga pernah tersalah langkah. Mungkin ia menyebabkan kita berdendam, terutamanya kalau ada janji mereka yang tidak ditepati. Entah kenapa, kita rasa ayah tak boleh buat silap. Sedangkan, mereka dah cuba sedaya-upaya, tapi segala ketentuan bukanlah di tangan mereka. Kalau kita sedih, apatah lagi mereka.

  1. AYAH PENAT

Ayah penat. Kadang-kadang ayah sibuk ambil dan hantar anak ke sekolah sampai lupa makan tengahari. Ayah jamah saja apa yang sempat. Masalah ayah, kita tak jarang tanya. Sebab kalau tanya pun, mesti ayah kata tak ada. Lama-lama, kita pun lupa nak tanya lagi.

Bagaimana ayah dapat lakukan rutin ini setiap hari, itu rahsia dia. Dengan kudrat itulah ayah membesarkan kita hingga hari ini. Ya, hari ini. Walaupun kita dah kahwin dan berkeluarga, ayah masih tanya sama ada kita cukup makan pakai.

  1. AYAH MAHU KITA JADI LEBIH BAIK BERBANDING DIRINYA

Bila dah dewasa dan bekerja, baru kita tahu tekanan itu datang dari mana. Tapi seingat kita, ayah selalu nampak tenang dan ayah tak pernah mengeluh. Ayah hebat.

Tapi, dia tak mahu kita jadi seperti mereka. Dia mahu kita jadi lebih baik berbanding dirinya.

  1. AYAH MAHU KITA BOLEH HIDUP TANPANYA SUATU HARI NANTI

Apa yang ayah larang selama ini ada sebabnya yang tersendiri. Apa yang ayah suruh buat pun samalah juga. Pokok pangkalnya, dia mahu kita boleh berdikari. Mereka tahu kita perlu hidup tanpa mereka satu hari nanti.

Jadi, diharapkan ilmu dan didikan yang diberikan kepada kita dapat menjadikan kita berfikir. Mungkin kita tak faham pada waktu itu, tapi kita akan faham nanti. Apa yang kita nak kata, katalah. Ayah tak risau tanggapan kita walaupun ada masanya dia berkecil hati.

Sebenarnya, bukan dia tak peduli perasaan kita. Tapi ayah berpandangan jauh dan cuba menunaikan tanggungjawab mereka sebaik mungkin.

  1. AYAH TAK MENYESAL KORBANKAN SEMUANYA UNTUK KITA

Apabila ayah semakin tua, ayah lega tengok anak-anak berjaya. Tapi sebenarnya, yang kurang menyerlah pun, ayah sayang juga. Tak ada lebih, tak ada kurang. Kita saja yang menuduh ayah yang bukan-bukan.

Apa pun, ayah tak jemu mendoakan kita setiap hari untuk menampung kekurangan mereka terhadap kita. Ayah tak pernah menyesal berkorban untuk kita walaupun ada masanya kita tidak menjadi seperti apa yang mereka harapkan.

  1. AYAH SAYANGKAN KITA

Tiada kata yang dapat menerangkan bagaimana ayah menyayangi kita. Mereka tak pandai menyusun ayat, mereka tak pandai meyakinkan kita melalui kata-kata. Hanya Tuhan yang mampu menilai semua pengorbanan ayah terhadap kita.

ITULAH PENGORBANAN AYAH!

Kadang-kadang kita memang tak nampak semua perkara ini hinggalah kita dewasa.

Begitu banyak beban dan pengorbanan ayah tidak mungkin terucap dengan kata-kata kerana cintanya terhadap kita. Jadi, hargailah ayah kita walau apa pun sejarah kita dengan mereka. Ayah tidak pernah meminta masa yang lebih….tapi hanya sekelumit masa bersamanya dah cukup…

SILA SHARE

Amalkan Ramuan Ini Dengan Berkumur, Bau Mulut Akan Hilang Dalam Waktu 5 Menit. Begini Cara Membuat Ramuannya !

Apakah Anda mempunyai masalah dengan bau mulut ? seperti yang kita ketahui, walaupun bau mulut adalah sesuatu yang sepele dan tidak membahayakan kesehatan tetapi tetap saja tidak boleh diabaikan. Bau mulut yang tidak sedap bukan saja membuat Anda menjadi kurang percaya diri, namun juga bisa membuat orang-orang menjadi tidak nyaman ketika berbicara didekat Anda.

Ada begitu banyak penyebab mengapa bau mulut menjadi tidak sedap diantaranya adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi, akibat malas membersihkan gigi atau juga bisa dikarenakan adanya masalah pada kesehatan gigi Anda.

Nah, apabila Anda merasa risih dan ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan mudah dan sederhana maka silahkan simak saja tips dibawah ini. Campuran beberapa bahan-bahan alami dibawah ini bisa dikatakan sangat ampuh didalam menghilangkan bau mulut dalam waktu sekejap.

Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat ramuan alami ini.

Bahan:

  • 2 buah perasan lemon
  • Secangkir air hangat
  • 1/2 sendok bubuk kayu manis
  • 1 sendok penuh madu
  • 1 sendok penuh baking soda

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah bersih, masukkan perasan lemon, madu, dan kayu manis.
  2. Tambahkan air hangat dan baking soda ke dalam campuran.
  3. Masukkan dalam botol dan kocok hingga rata.

Gunakan obat ini untuk berkumur 1 atau 2 sendok makan. Madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri yang kuat, sementara baking soda dan lemon, akan membantu membersihkan dan menyegarkan napas Anda

Bagaimana, mudah bukan ? tidak ada salahnya apabila Anda mencoba cara diatas. Oh iya, jangan lupa juga diringi dengan membersihkan gigi secara rutin setiap hari terutama pada malam hari ketika hendak tidur. Semoga bermanfaat dan membantu Anda, silahkan bagikan apabila informasi ini dikira bermanfaat.

Penggemar Kucing, Wajib Baca!!! Tips agar Kucing Tidak Buang Najis Ataupun Kencing Merata Di Rumah

Bagi pembela kucing pasti letih kalau rumah tiba-tiba berbau hancing sebab kucing suka kencing merata-rata. nak cari pot dia kencing tu dah satu hal. ini tips untuk latih kucing anda kencing dalam tandas. memang mudah…Share jika bermanfaat

Sejak berpindah rumah empat bulan lalu, suami tiba-tiba ada hobi baru iaitu memelihara kucing. Mula-mula dia mengambil seekor kucing yang bernama Abu yang diberi secara percuma oleh salah seorang kenalan di laman sosial. Sejak itu sumi dan anak-anak mula memberi perhatian dan manjakan Abu.

Saya pula jenis yang tak suka kucing sebabnya takut pada kucing tapi pasrah saja sebab suami dan anak-anak minat pada si bulus. Sebulan selepas itu tambah lagi seekor kucing yang diberi nama Loma dan dibeli oleh suami dengan harga RM 120. Bertambahlah kawan Abu dan saya yang memang tak suka kucing ni terpaksalah akur dengan minat mereka.Paling sedih, masa Loma bunting dia mengalami keguguran dan anak-anak Loma seramai 5 ekor mati ketika dilahirkan. Ketika itu suami dan anak-anak memang sedih apatah lagi bila lihat Loma lemah. Selepas semingu barulah saya lihat Loma aktif semula seperti selalu.

Rupa-rupanya dalam diam suami beli seeokor lagi kucing dan kali ini diberi nama Ten Ten dengan harga RM 200. Maka bertambahlah lagi kucing peliharaan kami sebanyak 3 ekor. Walaupun saya jenis tak tahan bau busuk kucing tapi kena tahan juga. Sejak bela kucing ni anak-anak saya bukan main manja dengan haiwan kesayangan mereka.

Oklah disini saya nak berkongsi tips bagi mengelak kucing membuang air merata-rata di dalam rumah yang saya perolehi dari sumber internet. Tips ini juga menjadi panduan dan juga pengetahuan buat saya begitu juga anda yang cukup bermanfaat…

  1. Segera bersihkan najis kucing

Jika anda terlihat tempat di mana kucing anda baru sahaja kencing, anda perlu membersihkannya segera. Kucing cenderung pergi ke tempat yang sama berulang-ulang kali, oleh itu anda perlu bertindak segera. Gunakan kain bersih untuk mengelap air kencing hingga kering. Setelah bersih, bilas dengan menggunakan sedikit air dan cuka. Cuka membantu menghilangkan bau yang tidak menyenangkan dan sangat berkesan menghilangkan bau dari air kencing kucing.

2.Toilet Training

Sediakan kawasan yang berpasir untuk kucing dan ajarkan mereka untuk menggunakannya dengan kerap. Kebanyakan kucing mempunyai kebolehan belajar dengan agak cepat. Saya takde pun mende tuh sbb saya suka kucing berak @ kencing ditempat² tersorok diluar kawasan rumah.

3.Serai

Orang cakap bau serai adalah sejenis bau yang benar-benar tidak disukai oleh kucing. Anda boleh membeli beberapa produk berasaskan serai atau serai wangi di pasaraya berdekatan dan semburkan di kawasan di mana kucing sering kencing di dalam rumah ataupun anda boleh letakkan sahaja di tempat yang strategik seperti di dalam bilik atau di dapur.

Percaya Atau Tidak, Hidup Kita Tidak Hanya Diisi Oleh Makhluk Hidup. 11 Tanda Anda Sedang Diekori Oleh Makhluk Halus Atau Jin, Nombor 5 Biasa Terjadi

Percaya atau tidak, hidup kita tidak hanya diisi oleh makhluk hidup. Terdapat pula makhluk lain yang sering disebut makhluk asrtal atau halus. Secara kasat mata, makhluk-makhluk itu memang tidak terlihat. Namun, mereka bisa saja benar-benar ada di sekitar kita.

Mereka bisa saja tertarik pada kita, atau secara alami tubuh kita menarik mereka. Secara sadar tidak sadar mereka bisa saja mengikuti kita. Nah, agar kamu tahu apakah ada mereka yang ikuti kamu, lihatlah tanda-tanda berikut:

  1. Merasa Diperhatikan

Paling mudah, ketika kamu merasa tiba-tiba ada yang memerhatikanmu saat berada dalam suatu ruangan atau tempat.

Bukan hanya dalam satu lokasi, tapi kamu juga merasa diperhatikan saat pergi dari lokasi satu ke lainnya. Itu tanda yang pastinya paling sering dirasakan ketika ada makhluk lain mengikutimu.

  1. Suasana Panas dan Dingin Cepat Berganti

Makhluk halus bisa memberikan hawa panas maupun dingin secara bersamaan. Maka, bila terjadi perubahan signifikan dalam waktu cepat, maka bisa dipastikan ada yang mengikutimu atau tiba-tiba hadir. Ingat, mereka tidak akan selalu berada di dekatmu, tapi bisa memerhatikanmu dari jauh.

  1. Perhatian Perilaku Hewan di Sekitarmu

Hewan dikenal lebih ‘peka’ untuk hal-hal seperti ini, dibanding manusia. Maka, hewan yang berada di sekitarmu pasti akan bereaksi, antara menggonggong ke arahmu atau terus mengeluarkan suara takut saat melihatmu.

  1. Merasa Disentuh Atau Tidak sengaja menyentuh

Ini tahap berikutnya ketika makhluk tersebut sudah memiliki keinginan untuk membuatmu sadar. Mereka akan berusaha berkontak badan denganmu.

Bisa saja dia secara sengaja berada di dekatmu, kemudian saat kamu bergerak, kamu tidak sengaja merasa menyentuh sesuatu. Namun, bisa juga dia mencoba menyentuhmu.

  1. Merinding

Memang ini bukan hal yang spesifik, tapi merinding merupakan salah satu tanda. Merindingmu bukan merinding biasa, karena bulu kudukmu tiba-tiba menegang dan membuatmu tidak nyaman. Ada saja yang tiba-tiba kamu rasakan berdiri di dekatmu.

  1. Merasa Berat

Ini adalah tahap lebih jauh yang dilakukan oleh makhluk halus itu. Makhluk halus itu mulai melakukan kontak denganmu.

Dia ingin ikut terus denganmu, jadi dia bertopang padamu. Dia bisa jadi sedang ‘duduk’ di punggungmu atau di atas kepalamu. Makhluk tersebut juga bisa saja kamu ‘seret’. Maka, rasa berat itu pasti kamu rasakan.

  1. Wangi dan Aroma Aneh yang Tiba-tiba Muncul

Bukan sekali dua kali, tapi sering, terutama saat makhluk itu terus hadir. Dari wangi menyan atau bunga-bunga yang jarang kamu cium pasti akan tercium. Kamu juga mencium bau yang aneh dan tidak enak, karena makhluk halus ada juga yang tercium aneh

  1. Suara Aneh

Mulai dengan suara-suara aneh pun pasti bermunculan di dekatmu. Kamu selalu merasa ada yang membisikkan atau memanggil suaramu. Itu berarti dia mengikutimu dan ingin kamu sadar akan hal itu.

  1. Kejadian Ganjal Setelah Kamu Datangi Tempat Itu

Misalkan kamu melewati sebuah meja dengan buku yang ditumpuk tinggi. Kemudian, beberapa saat kamu lewat, tumpukkan buku itu ambruk. Itu tandanya makhluk itu mengikutimu ke mana-mana. Dia selalu berada di belakangmu.

  1. Mimpi Tentang Makhluk Tersebut

Ketika makhluk tersebut tidak bisa langsung kontak denganmu secara sadar. Ketika kamu terlelap, maka dirinya pun hadir untuk membuatmu sadar akan adanya dirinya.

  1. Terakhir, Kamu Melihat Sosok-sosok Atau Bagian Dari Sosok Itu

Secara tidak sengaja, saat kamu menengok ke belakang, kamu akan secara cepat melihat sosok yang mengikutimu. Bukan secara utuh, tapi juga bagian dari tubuhnya yang terlihat.

Bagaimana berapa banyak yang kamu rasakan?

 

Kongsikan…‘Doa Orang Teraniaya Allah Makbulkan.’ – Wanita Dicerai Suami Yang Tak Mampu Berpoligami, Perjalanan Hidupnya Allah Atur Cantik..

Perjalanan hidup kita Allah dah tulis cantik. Ada benda yang kita tak dapat, tapi Allah berikan yang lebih baik dan sesuai dengan keperluan kita. Yang penting sabar dan perlu banyak berdoa. Nak-nak orang yang teraniaya sebab doa mereka Allah akan makbulkan.

Begitu juga dengan kisah seorang wanita ini yang dicerai oleh suami dek kerana rasa tak mampu untuk berpoligami. Suami memilih untuk bersama isteri muda dan isteri pertama diceraikan. Namun, ada sinar baru menanti wanita yang diceraikan itu.

Diceraikan suami untuk bersama isteri muda.

Seorang wanita diceraikan atas alasan suami takut tidak mampu berlaku adil untuk berpoligami, isteri pertama dilepaskan dengan talak.

Isteri rasa terganggu dan kelam dunianya bila diceraikan suami, sanggup melepaskan peluang kerjaya dengan tawaran gaji yang hebat, graduasi dari universiti terkemuka luar negara untuk khidmat pada keluarga, di usia 40an suami tinggalkan atas alasan takut tidak mampu berlaku adil.

Senget sungguh pemikiran begini.

Bila diadukan kepada ustaz, dari mendiami rumah yang selesa akhirnya kini duduk di tingkat 4 rumah flat.

Selesai iddahnya, mungkin hanya nak meluahkan perasaan sebal dan kecewa.

“Dalam al quran Allah ada ceritakan perihal talak pada surah at talaq.”

Panjang lebar ustaz huraikan. Di penghujungnya ustaz pesan,

“Akak balik solat taubat dan akak berdoalah apa sahaja hajat yang akak mahu. Berdoalah bersungguh-sungguh pada Allah yang maha kaya.”

Ustaz yang sama menziarahi majlis seorang berpangkat datuk seri, beliau baru kematian isteri dan minta ustaz carikan mana-mana muslimat dengan syarat lingkungan usia 40 tahun ke atas dan 45 tahun ke bawah.”

Hanya peneman di usia tua.

Takdir Allah, ustaz tersebut teringatkan kakak yang diceraikan suami sebelum ni. Maka usahalah ustaz tersebut cari dan bertanyakan perihal datuk sri yang mencari calon isteri. Usia kakak tersebut 43 tahun.

Cantik takdir Allah, dari rumah teres berpindah ke rumah flat dan seterusnya Allah pindahkan beliau di rumah banglo yang mewah. Allah hadiahkan suami yang “kaki masjid”, jauh lebih berkemampuan dan selepas berkahwin suami bawa sebulan berjalan di eropah.

Saya ambil pengajaran dari kisah kakak tersebut dan kongsikan di sini apa yang ustaz pesan.

  1. Jangan bergantung pada suami, hati manusia sentiasa berubah. Allah sahaja sebaik-baik tempat untuk segala hajat dan harapan.
  2. Bila rasa dianiaya, berdoalah bersungguh-sungguh. Doa orang yang dianiaya ni power sangat.

Mintalah ampun dari Allah, semoga Allah buka hijab yang terlindung akibat dosa-dosa kita dan menggantikan dengan rahmat dan keampunan.

  1. Tidak mustahil bagi Allah untuk merencanakan sesuatu yang luar biasa di kotak pemikiran kita, kerana kita semua di bawah kekuasaan Allah.
  2. Allah boleh beri ganti yang lebih baik dari apa yang telah diambil dari kita. Subhanallah.
  3. Ada doa yang Allah makbulkan cepat, ada doa yang Allah tangguh dan beri di masa yang tepat.
  4. Berdoalah, minta rahmat dengan Allah.

Semoga para sahabat yang Allah uji dengan kedukaan, diganti dengan kegembiraan dan kebaikan yang lebih baik dari apa yang dihajatkan.

Semoga air mata yang gugur digantikan dengan cinta lebih dalam kepada Allah.

Cinta Allah, tiada kecewa.

Ummu Amir.
Teruslah melangkah sahabatku.

Sumber: Puan Insyirah Soleha

Sayu: Kisah Ibu yang ‘Dibuang’ kerana Stroke, Fotonya Bikin Netizen Geram

Seorang ibu bisa menafkahi dan merawat 12 anaknya, tapi 12 anak belum tentu bisa mengurus seorang ibu, pendapat tersebut memang benar adanya. Mungkin bukan sekali dua kali kita mengetahui kasus di mana seorang anak lebih memilih menyerahkan orangtua kandungnya ke panti jompo. Alasannya beragam, mulai dari sibuk kerja hingga ingin hidup tenang dengan keluarganya.

Lantas, pernahkah seorang anak membayangkan berada di posisi ibu yang ditelantarkan? Realita tersebut memang nggak bisa dibantah, karena di zaman ini begitu jarang anak yang bisa memberi bakti pada ibu sendiri. Baru-baru ini, sebuah postingan viral di Facebook juga menunjukkan betapa malangnya nasib seorang ibu yang dicampakkan anaknya.

Postingan tersebut pertama dibagikan oleh seorang netizen bernama Zian Sye, melalui akun Facebook pribadinya, ia mengunggah foto seorang wanita yang mengenakan kerudung hitam tergeletak di atas bantalan kasur tipis. Sementara tubuhnya dilapisi oleh selimput motif bunga-bunga berwarna merah. Ada pula sebotol air mineral yang diletakkan di samping si ibu. Diketahui jika si ibu tersebut memang lumpuh, diduga karena penyakit stroke yang dideritanya.

Saat membagikan statusnya, Zian Sye juga menyebutkan lokasi di mana foto tersebut diambil yaitu Sukabumi. Menurut info yang ia terima, si ibu memang sengaja dibuang oleh seseorang. Belum tau siapa sebenarnya orang yang bertanggung jawab atas pembuangan wanita malang tersebut, namun melalui status tersebut Zian Sye berharap bisa menemukan seseorang yang mengenal si ibu. Dalam foto memilukan itu, tertangkap juga beberapa pasang kaki yang mengelilingi si ibu. Diduga mereka sekelompok warga yang pertama kali menemukan si ibu.
Justru ditemani seekor kucing

Beberapa saat setelah ditemukan, belum ada yang berani menolong si ibu. Namun menurut keterangan pemilik akun, masyarakat masih menunggu aparat dari desa dan kepolisian tiba di lokasi. Kadang, binatang bisa jauh lebih punya naluri daripada manusia. Terbukti, masih ada anak yang tega menelantarkan ibu yang tengah sakit di pinggir jalan. Sementara sosok yang terus menemani si ibu justru seekor kucing. Seperti kisah dalam sinetron, kucing hitam tersebut sama sekali tidak meninggalkan si ibu yang terbaring tak berdaya.

Sejak pertama kali dibagikan, status tersebut viral dan ribuan kali dibagikan oleh pengguna Facebook yang lain. Ribuan respon dan komentar juga membanjiri postingan tersebut. Kalimat istighfar dan umpatan kemarahan kerap dilontarkan warganet. Bahkan, pemilik akun Zian Sye juga mengaku menitikan airmata ketika pertama kali melihat kondisi si ibu yang ditelantarkan.

Sedikit kisah dari si ibu yang ditelantarkan itu semoga menjadi pembelajaran bagi kita untuk lebih menyayangi dan menghargai orangtua. Memang, mengurus ibu yang lumpuh tidaklah mudah. Tapi, yang perlu kita ingat, dulu ketika bayi, ibulah yang mengurus dan mengasihi kita yang tak berdaya. Namun, meski menurut banyak orang ibu tersebut ditelantarkan oleh anaknya, belum bisa dipastikan jika kejadiannya benar-benar seperti itu. Karena masih ada beberapa pendapat netizen yang mengatakan ibu tersebut merupakan penderita penyakit ayan. Apapun itu, semoga kita lebih bisa mencintai seorang ibu.

 

BABI merupakan ciptaan Allah. Tapi MENGAPA ia HARAM dimakan? Ikuti Penjelasan Berikut.

Al Quran dengan tegas menyatakan haramnya daging babi. Bahkan, pengharaman babi disebutkan empat kali. Yakni di Surat Al Baqarah ayat 173, Surat Al Maidah ayat 3, surat Al An’am ayat 145 dan surat An Nahl ayat 115.

Mengapa babi diharamkan? Tentu karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengharamkannya. Rahasianya, hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang tahu persis.

Namun, ada 10 fakta ilmiah yang membuat kita bisa mengambil hikmah tentang haramnya babi. 10 fakta ilmiah kenapa babi haram dalam Islam.

  1. Daging babi perumah kepada cacing pita

Mengonsumsi daging babi memiliki risiko terkena infeksi cacing pita (sistiserkosis). Daging babi mengandung benih-benih cacing pita dan cacing trachenea lolipia yang bisa berpindah ke tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

  1. Kantung urine babi sering bocor

Prof. A.V. Nalbandov menyebutkan bahwa kantung urine (vesica urinaria) babi sering bocor, sehingga urine-nya merembes ke dalam daging.

  1. Babi tidak memiliki leher

Secara fisiologi, babi tidak boleh disembelih. Sebabnya, babi tidak memiliki leher. Sedangkan Islam mensyariatkan penyembelihan binatang pada lehernya.

  1. Babi hewan paling rakus

Babi melahap makanan apa pun yang ada di depannya. Ia merupakan hewan paling rakus di dunia. Bahkan jika makanannya telah habis, ia memuntahkan makanan dalam perutnya dan memakannya kembali demi memuaskan kerakusannya.

  1. Babi haiwan paling kotor

Jika di depan babi ada sampah, ia akan makan sampah tersebut. Bahkan babi juga melahap kotoran. Hingga najis sendiri pun dilahapnya.

  1. Babi membawa banyak penyakit

Selain mengandung cacing pita (Taenia solium), babi juga mengandung cacing spiral (Trichinella spiralis), cacing tambang (Ancylostoma duodenale), cacing paru (Paragonimus pulmonaris), hingga bakteri kolera (Salmonella choleraesuis) dan virus kudis (Scabies).

  1. DNA babi mirip manusia

Ditemukannya fakta DNA babi paling mirip dengan manusia, mengkonsumsi babi dapat dengan mudah menularkan perilaku buruk babi kepada manusia. Selain rakus, perilaku babi yang pernah diobservasi oleh Muhammad Abduh adalah tidak memiliki cemburu. Ketika dua ekor babi jantan dan seekor babi betina dimasukkan kandang, dua babi jantan itu tidak saling berebut tetapi justru saling membantu untuk mengawini babi betina.

  1. Daging babi tidak dicerna manusia

Meskipun empuk, ternyata daging babi sulit dicerna oleh pencernaan manusia. Ini kerana daging babi mengandung lemak berbahaya.

  1. Babi merupakan carrier virus Infuenza Babi

Di dalam tubuh babi, virus AI yang awalnya tidak ganas bermutasi menjadi H1N1/H5N1 yang ganas dan menular kepada manusia.

  1. Daging babi penyebab utama kanser anus dan kolon

Potensi penyakit kanser anus dan kolon meningkat drastik di negara-negara yang penduduknya memakan babi, terutama di negara-negara Eropah, Amerika, Cina dan India. Sedangkan di negara-negara Muslim sangat rendah.

Demikian 10 Fakta Ilmiah Kenapa Babi Haram dalam Islam. Semoga semakin menguatkan keislaman kita dan senantiasa berusaha mentaati aturan-Nya.

 

Anda Sukar Bangun Pagi!!! Amalkan 9 Cara Ini Agar Terbiasa Bangun Pagi Setiap Hari

Untuk bangun di pagi hari, mungkin bagi sebagian orang menganggap sudah menjadi suatu hal yang mudah. Dengan tanpa bantuan alarm pun, terkadang mereka sudah bisa bangun pagi, bahkan secara tidak langsung kebiasaan yang seperti itu sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Namun di sisi lain, masih banyak juga orang yang merasa kesulitan untuk bangun tepat waktu di pagi hari. Sehingga hal demikian merupakan kebiasaan yang tidak baik, dan perlu untuk ditemukan sebuah cara yang efektif agar bisa bangun pagi secara rutin.

Dan bagi kebanyakan orang yang kesulitan bangun di pagi hari ini, ternyata juga dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya terkait dengan tingkat stres, kemampuan saat akan tidur, masalah psikologi, dan tingkat emosi seseorang yang memuncak. Yang mana dari situ semua membuat seseorang akan menjadi sulit untuk bangun tepat waktu di pagi hari.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan agar bisa terbiasa bangun pagi setiap hari. Sehingga permasalahan bangun pagi sudah tidak menjadi momok bagi anda. Dan inilah 9 cara yang cukup efektif untuk anda terapkan agar bisa bangun pagi setiap hari.

  1. Kurangi aktifitas malam anda
    Dengan cara anda mengurangi aktifitas di malam hari, hal demikian memang suatu cara agar anda tidak bangun kesiangan. Karena bila anda terlalu menyibukkan diri di malam hari, maka kemungkinan besar anda akan kesulitan bangun tepat waktu di pagi hari. Oleh karena itu, hendaknya anda paling tidak bisa mengurangi aktivitas malam yang anda rasa tidak terlalu penting, seperti begadang yang berlebihan, yang mana akan bisa menguras tenaga sehingga anda bisa telat untuk bangun di pagi hari.
  2. Minum air putih sebelum dan sesudah tidur
    Untuk menyuplai agar anda bisa bangun pagi, maka dengan cara minum air sebelum tidur juga bisa anda terapkan. Hal demikian karena minum air sebelum tidur akan bisa mendorong anda untuk segera buang air kecil ke kamar mandi. Dengan cara yang seperti ini, maka mau tidak mau anda harus bangun dari tempat tidur, sehingga cara tersebut bisa anda terapkan agar bisa bangun di pagi hari. Dan fungsi dari minum air setelah bangun dari tidur itu sendiri, ialah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang agar anda bisa beraktifitas dengan semangat, dan mengaktifkan kembali beberapa organ yang terdapat dalam tubuh anda. Sehingga setelah bangun tidur, anda tidak lagi merasa ngantuk dan bisa melakukan aktifitas yang ada.
  3. Letakkan alarm yang jauh dari tempat tidur
    Dengan cara anda meletakkan alarm yang jauh dari tempat tidur, maka secara tidak langsung ketika alarm berbunyi, anda akan tidak mudah untuk mengambil alarm tersebut untuk mematikannya kemabali. Sehingga mau tidak mau anda harus segera bangun di pagi hari untuk segera melakukan aktifitas kembali.
  4. Ganti dering alarm dengan lagu favorit
    Tahukah anda, bahwa bunyi alarm itu juga bisa mempengaruhi suasana hati dalam tidur anda. Dan biasanya bunyi alarm dari jam weker, terkadang juga bisa membuat anda terbangun dari tidur dalam keadaan yang kurang mood. Oleh karena itu, agar suasana hati anda merasa lebih nyaman, maka hendaknya anda bisa menggunakan fitur alarm yang terdapat pada ponsel anda. Sehingga hal demikian bisa anda atur untuk mengganti dering alarm tersebut dengan lagu favorit anda. Yang semuanya itu bisa menjadikan bangun tidur anda bisa terasa lebih menyenangkan.
  5. Mengkonsumsi minuman berkafein setelah tidur
    Dengan cara meminum minuman berkafein setelah beberapa saat anda bangun dari tidur, memang suatu cara yang efektif untuk membuat semangat di pagi hari. Hal demikian karena kebanyakan orang ketika bangun dari tidur mereka, terkadang merasa kurang semangat, sedikit pusing dan lainnya, yang semuanya itu bisa membuat produktivitas di pagi hari bisa menurun. Oleh karena itu, untuk menyiasati hal tersebut, maka dengan minum minuman berkafein bisa meningkatkan mood anda kemabali di pagi hari. Sehingga hal demikian tidak akan membuat anda untuk tidur kembali.
  6. Tidur dan bangun di waktu yang sama
    Hendaknya anda bisa mengatur waktu tidur dan bangun di waktu yang sama. Hal demikian bertujuan agar anda bisa terbiasa dengan rutinitas yang anda jalani. Sehingga kebiasaan untuk bangun pagi pun akan segera menjadi kebiasaan yang mudah bagi anda. Yang mana sebelumnya anda merasa kesulitan untuk bangun di pagi hari.
  7. Berolahraga
    Kenapa berolahraga bisa dijadikan untuk mendukung agar bisa bangun pagi…?, Ya, karena dengan cara anda melakukan olahraga, layaknya gerakan-gerakan senam yang simpel di rumah, maka hal demikian akan bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat aktif kembali. Sehingga hal ini bisa menyuplai agar anda bisa lebih cepat untuk bangun pagi setiap hari.
  8. Hindari makanan berat sebelum tidur malam
    Hendaknya anda bisa menghindari untuk mengkonsumsi makanan terlalu banyak sebelum tidur. Hal demikian karena bila anda langsung tidur setelah makan, ini bisa memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh anda. Yang mana beberapa makanan dan minuman yang anda konsumsi, bisa membuat sistem pencernaan terpaksa bekerja keras di saat anda sedang tidur. Sehingga dari situ semua akan membuat tidur anda tidak bisa nyenyak, bahkan kebiasaan yang semacam ini akan memicu terjadinya insomnia dalam diri anda. Usahakan waktu untuk tidur kurang lebih 3 jam setelah anda makan, sehingga pencernaan tidak lagi memproses makanan yang sedang anda konsumsi.
  9. Segera mandi setelah bangun pagi
    Perlu anda ketahui, bahwa hal yang paling sulit ialah segera mandi setelah bangun pagi. Namun dari sinilah anda bisa mendapat kuncinya agar bisa terbiasa bangun pagi. Hal ini karena mandi di pagi hari dengan posisi air dalam keadaan masih dingin, maka akan bisa segera membangunkan sistem saraf dan menyadarkan anda. Sehingga seusai anda mandi di pagi hari, secara tidak langsung akan membuang rasa malas dan membuat tubuh menjadi segar dan bugar di pagi hari.

 

TAHUKAH ANDA!!! INILAH AKIBATNYA DIAKHIRAT KERANA MENCABUT UBAN….BERHENTILAH….

Alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Sangat wajar jika seseorang menginjak usia senja, muncul pada kepala, wajah atau janggotnya rambut putih atau lebih dikenali uban. Itulah fasa kehidupan yang akan dilalui oleh setiap insan sebagaimana firman Allah Ta’ala,

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفاً وَشَيْبَةً يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ

“Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum: 54)

Kadangkala memang kita ingin menghilangkannya, mencabutnya, atau mengganti warnanya dengan warna lain. Namun alangkah bagusnya jika setiap tindak-tanduk kita didasari dengan ilmu agar kita tidak sampai terjerumus dalam kesalahan dan dosa. Sebuah petuah bagus dari Mu’adz bin Jabal yang harus senantiasa kita ingat:

العِلْمُ إِمَامُ العَمَلِ وَالعَمَلُ تَابِعُهُ

“Ilmu adalah pemimpin amal dan amalan berada di belakang ilmu.” (Al Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, Ahmad bin ‘Abdul Halim Al Haroni, hal. 15)

Jadi dalam masalah uban ini, marilah kita ikuti petunjuk syari’at Islam yang suci lagi sempurna. Dengan mengikuti petunjuk inilah seseorang akan menuai kebahagiaan. Sebaliknya, jika enggan mengikutinya, hanya mahu menuruti hawa nafsu semata dan menuruti perkataan manusia yang mencocoki hawa nafsu tanpa ada dasar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, nescaya orang seperti ini akan binasa.

Allah Ta’ala berfirman,

وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ

“Dan jika kamu ta’at kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.” (QS. An Nur: 54)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِى وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ

Berpegangteguhlah dengan ajaranku dan sunnah khulafa’ur rosyidin yang mendapatkan petunjuk (dalam ilmu dan amal). Pegang teguhlah ajaran tersebut dengan gigi geraham kalian.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban. At Tirmidizi mengatakan hadis ini hasan shohih. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shohih. Lihat Shohih At Targhib wa At Tarhib no. 37)

Salah seorang khulafa’ur rosyidin dan manusia terbaik setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

لَسْتُ تَارِكًا شَيْئًا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَعْمَلُ بِهِ إِلَّا عَمِلْتُ بِهِ إِنِّي أَخْشَى إِنْ تَرَكْتُ شَيْئًا مِنْ أَمْرِهِ أَنْ أَزِيْغَ

”Aku tidaklah biarkan satupun yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam amalkan kecuali aku mengamalkannya kerana aku takut jika meninggalkannya sedikit saja, aku akan menyimpang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ulama yang sudah tersohor namanya di tengah-tengah kita, yakni Imam Syafi’i mengatakan,

أجمع المسلمون على أن من استبان له سنة عن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم لم يحل له أن يدعها لقول أحد

Kaum muslimin sepakat bahwa siapa saja yang telah jelas baginya ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya kerana perkataan yang lainnya.” (Madarijus Salikin, 2/335, Darul Kutub Al ‘Arobi. Lihat juga Al Haditsu Hujjatun bi Nafsihi fil ‘Aqoid wal Ahkam, Muhammad Nashiruddin Al Albani, hal. 79, Asy Syamilah)

Uban adalah Cahaya Bagi Seorang Mukmin

Al Baihaqi membawakan sebuah pasal dengan judul “larangan mencabut uban”. Lalu di dalamnya beliau membawakan hadits dari ‘Abdullah bin ‘Umar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الشيب نور المؤمن لا يشيب رجل شيبة في الإسلام إلا كانت له بكل شيبة حسنة و رفع بها درجة

“Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban –walaupun sehelai- dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Muhammad bin Hibban At Tamimi rahimahullah -yang lebih dikenal dengan Ibnu Hibban- dalam kitab Shahihnya menyebutkan pembahasan “Hadits yang menceritakan bahwa Allah akan mencatat kebaikan dan menghapuskan kesalahan serta akan meninggikan darjat seorang muslim kerana uban yang dia jaga di dunia.” Lalu Ibnu Hibban membawakan hadits berikut.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا تنتفوا الشيب فإنه نور يوم القيامة ومن شاب شيبة في الإسلام كتب له بها حسنة وحط عنه بها خطيئة ورفع له بها درجة

Janganlah mencabut uban kerana uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu darjat.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Uban Tidak Boleh Dicabut

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Hukuman bagi orang yang mencabut ubannya adalah kehilangan cahaya pada hari kiamat nanti. Dari Fudholah bin ‘Ubaid, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ شَابَ شَيْبَةً فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَانَتْ نُورًا لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقَالَ رَجُلٌ عِنْدَ ذَلِكَ فَإِنَّ رِجَالًا يَنْتِفُونَ الشَّيْبَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ شَاءَ فَلْيَنْتِفْ نُورَهُ

“Barangsiapa memiliki uban di jalan Allah walaupun hanya sehelai, maka uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.” Kemudian ada seseorang yang berkata ketika disebutkan hal ini: “Orang-orang pada mencabut ubannya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Siapa saja yang ingin, silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat).” (HR. Al Bazzar, At Thabrani dalam Al Kabir dan Al Awsath dari riwayat Ibnu Luhai’ah, namun perowi lainnya tsiqoh –terpercaya-. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Siapa saja yang ingin, maka silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat)”; tidak menunjukkan bolehnya mencabut uban, namun bermakna ancaman.

Rambut uban mana yang dilarang dicabut?

Larangan mencabut uban mencakup uban yang berada di kumis, jenggot, alis, dan kepala. (Al Jami’ Li Ahkami Ash Shalat, Muhammad ‘Abdul Lathif ‘Uwaidah, 1/218, Asy Syamilah)

Apa hukum mencabut uban apakah haram ataukah makruh?

Para ulama Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah berpendapat bahwa mencabut uban adalah makruh.

Abu Dzakaria Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah mengatakan, “Mencabut ubat dimakruhkan berdasarkan hadits dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya. … Para ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa mencabut uban adalah makruh dan hal ini ditegaskan oleh Al Ghozali sebagaimana penjelasan yang telah lewat. Al Baghowi dan selainnya mengatakan bahwa seandainya mau dikatakan haram karena adanya larangan tegas mengenai hal ini, maka ini juga benar dan tidak mustahil. Dan tidak ada bedanya antara mencabut uban yang ada di jenggot dan kepala (yaitu sama-sama terlarang). (Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 1/292-293, Mawqi’ Ya’sub)

Namun jika uban tersebut terdapat di jenggot atau pada rambut yang tumbuh di wajah, maka hukumnya jelas haram karena perbuatan tersebut termasuk an namsh yang dilaknat.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لعن الله الربا و آكله و موكله و كاتبه و شاهده و هم يعلمون و الواصلة و المستوصلة و الواشمة و المستوشمة و النامصة و المتنمصة

Allah melaknat riba, pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkannya (nasabah), orang yang mencatatnya (sekretaris) dan yang menjadi saksi dalam keadaan mereka mengetahui (bahwa itu riba). Allah juga melaknat orang yang menyambung rambut dan yang meminta disambungkan rambut, orang yang mentato dan yang meminta ditato, begitu pula orang yang mencabut rambut pada wajah dan yang meminta dicabut.” (Diriwayatkan dalam Musnad Ar Robi’ bin Habib. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Adapun mencabut uban dari jenggot atau uban dari rambut yang tumbuh di wajah, maka perbuatan seperti ini diharamkan karena termasuk an namsh. An namsh adalah mencabut rambut yang tumbuh di wajah dan jenggot. Padahal terdapat hadits yang menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat orang yang melakukan an namsh.” (Majmu’ Fatawa wa Rosa’il Ibnu ‘Utsaimin, 11/80, Asy Syamilah)

Kesimpulan

Hukum mencabut uban dapat dikatakan haram karena ada dalil tegas mengenai hal ini, sedangkan mayoritas ulama mengatakan hukumnya adalah makruh. Namun sebagai seorang muslim yang ingin selalu mengikuti petunjuk Nabinya shallallahu ‘alaihi wa sallam dan agar tidak kehilangan cahaya di hari kiamat kelak, maka seharusnya seorang muslim membiarkan ubannya (tidak perlu dicabut). Dengan inilah dia akan mendapat tiga keutamaan: [1] Allah akan mencatatnya kebaikan, [2] dan menghapuskan kesalahan serta [3] akan meninggikan derajat seorang muslim karena uban yang dia jaga di dunia. Namun, jika uban tersebut berada pada jenggot atau rambut yang tumbuh di wajah, maka ini jelas haramnya. Wallahu a’lam.

Namun begitu,jiKa seseorang itu hendak berperang,maka diboleh untuk mewarnakan rambut berwarna hitam.Hal ini bagi membuat pasukan tentera lawan gerun apabila mendapati tentera Islam muda dan mengambarkan kekuatan pasukan tentera.

WALLAHUALAM