10 TANDA SESEORANG YANG BAKAL MENEMUI AJAL

Tidak ada seseorang yang dapat memastikan kapan maut akan menjemput dan kapan seseorang akan menemui ajalnya. Manusia bisa meninggal atau mati karena berbagai macam faktor dan hal-hal tertentu, meskipun demikian menurut ilmu pengetahuan dan para ahli, tetap saja tanda datangnya kematian pada seseorang bisa dikenali terutama pada seseorang yang telah lama sakit atau telah berusia senja. Tidak semua orang memiliki tanda kematian yang sama akan tetapi tanda-tanda yang diulas beikut ini adalah tanda yang paling sering muncul beberapa jam sebelum kematian. Untuk mengetahui tanda-tanda apasaja yang nampak, simak ulasannya berikut ini.

1. Hilangnya Nafsu Makan ; Menjelang kematian, tubuh manusia mengetahui dan sadar bahwa dirinya tidak lagi membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas sehingga seseorang yang akan meninggal tentu akan kehilangan nafsu makannya dan akan merasa kesulitan mengunyah atau menelan makanannya. Ia akan menolak untuk diberi makan dan jika hal demikian terjadi sebaiknya tidak memaksakan agar ia mau makan. untuk mempertahankan kehidupannya biasanya pihak medis akan memasang selang infus untuk memenuhi kebutuhan energi seseorang tersebut.

2. Perubahan Fisik ; Perubahan fisik jelas terjadi dan nampak pada seseorang yang akan meninggal. Biasanya berat tubuhnya akan turun dengan drastic dan kulitnya menjadi sangat tipis dan pucat. Pada orangtua yang lanjut usia, perubahan fisik juga dapat terlihat pada rambutnya yang menipis dan kulitnya yang setipis kertas. Perubahan juga dapat dilihat pada struktur rangka wajah dimana ia yang akan meninggal akan sangat nampak struktur kerangka wajahnya dan seperti tidak memiliki daging didalamnya.

3. Tidur Lebih Panjang ; Seseorang yang akan meninggal biasanya akan tidur lebih lama dan akan sulit untuk terjaga. Meskipun demikian, jika ia selalu tertidur jangan menganggap bahwa ia bisa merasakan dan mendengar apa yang kamu katakan dan cobalah untuk membiarkannya tidur tanpa mengganggunya.

4. Kehilangan Sensitifitas Indra ; Indra pendengaran, penglihatan dan indra yang ada pada tubuh seseorang yang meninggal jelas tidak seresponsif mereka yang masih sehat. Inilah yang juga menjadi tanda bahwa ajal akan segera menjemputnya. Ia akan sulit mengenali orang lain bahkan anggota keluarganya maupun orang terdekatnya dan juga kesulitan untuk berbicara atau mendengarkan orang lain.

5. Kebingungan ; Kebingungan juga bisa melanda seseorang yang akan meninggal dunia. Hal ini kadang dikaitkan dengan faktor relijius dan menganggap bahwa sebelum seseorang akan meninggal akan ada setan yang datang menggoda atau malaikat yang muncul didekatnya. Terkadang ia juga akan berbicara sendiri dan berceloteh sesuatu yang tidak kamu pahami atau mengatakan pada orang lain bahwa dirinya akan segera pergi atau pulang ke suatu tempat seperti yang dikemukakan oleh Ira Byock, penulis dari buku Dying Well

6. Kesulitan Bernafas ; Kesulitan bernafas juga terkadang dialami oleh mereka yang akan meninggal dunia. Tidak heran jika orang yang lanjut usia atau ia yang dalam kondisi kritis maupun koma menggunakan alat bantu pernafasan dan oksigen. Hal ini terjadi karena organ pernafasan pada orang yang akan meninggal tidak dapat berfungsi dengan baik dan membuatnya sulit bernafas dengan baik. Terkadang ia juga mengalami kondisi yang disebut Cheyne-stokes dimana seseorang tersebut dapat bernafas dengan baik dan terkadang nafasnya seakan-akan hilang.

7. Pengeluaran Urin Berkurang ; Biasanya karena seseorang yang akan meninggal cenderung lebih sedikit mengkonsumsi cairan, tubuhnya juga tidak akan mengeluarkan banyak urin atau air kencing seperti biasanya. Ginjal pada orang yang akan meninggal juga tidak bisa berfungsi dengan baik terutama untuk menghasilkan urin yang bisa dikeluarkan lewat kandung kemih.

8. Bengkak Pada Kaki Dan Tumit ; Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ginjal pada seseorang yang akan meninggal tidak dapat berfungsi dengan baik maka cairan yang seharusnya dikeluarkan dalam bentuk urin justru terakumulasi dalam tubuh terutama dibagian kaki dan tumit. Selain bagian tubuh tersebut, pembengkakan juga terjadi dibagian lain seperti tangan maupun wajah. Tidak ada perlakuan khusus yang bisa dilakukan untuk mengurangi bengkak karena hal tersebut adalah tanda alami bahwa seseorang akan segera meninggal.

9. Ujung Jari Terasa Dingin ; Selain terjadi pembengkakan, ujung jari terutama kaki seseorang yang akan meninggal akan terasa dingin dan terlihat pucat. Di jam-jam terakhir kehidupan seseorang, aliran darah dalam tubuh dikonsentrasikan pada organ tubuh vital yang berada dibagian tengah atau medial tubuh sehingga ujung kaki cenderung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Agar ia tidak merasa kedinginan, tutupilah bagian bawah tubuhnya dengan menggunakan selimut atau penutup tubuh lainnya.

10. Permintaan Khusus ; Inilah yang kadang menjadi tanda yang sangat bisa dikenali khususnya bagi mereka yang tidak dalam keadaan koma. Ia yang akan meninggal memang terlihat lebih diam dan tak ingin bicara, namun ia biasanya memliki permintaan khusus yang ingin dikabulkan sebelum ia benar-benar pergi meninggalkan dunia. Ia juga ingin dikelilingi oleh keluarganya dan cenderung takut ditinggal sendirian. Berusahalah untuk mengabulkan apa yang ia minta karena bisa jadi permintaan tersebut adalah keinginan terakhirnya.

Itulah tanda-tanda kematian yang bisa dikenali dan nampak pada seseorang akan meninggal dunia. Jika melihat tanda-tanda tersebut pada orang lain terutama orang terdekatmu, bersabarlah dan cobalah untuk menerima takdir yang sedang dihadapkan pada orang atau keluarga tersebut. “Be patient, death is close to anyone”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *